Kumpulan Artikel Menarik , Tips Bermanfaat Serta Bacaan Yang Menghibur

ENTRI POPULER

Home » » 5 Makanan Antioksidan Ini Bisa Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

5 Makanan Antioksidan Ini Bisa Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

Share on :
Survei menunjukkan bahwa hampir 90 persen perokok sebenarnya memiliki keinginan untuk berhenti merokok dan mengatasi kecanduan terhadap nikotin. Tetapi kebanyakan perokok merasa kesulitan berhenti merokok karena belum menemukan metode yang tepat.
5 Makanan Antioksidan Ini Bisa Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok


Merokok dapat merusak paru-paru, mengganggu tidur, dan kesehatan mental seseorang, sehingga Anda harus segera meninggalkan kebiasaan tidak sehat tersebut. Anda dapat mencoba metode diet antioksidan untuk membantu membebaskan diri dari kecanduan nikotin.

Ketika nikotin masuk ke dalam tubuh, akan terbentuk radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif atau kerusakan sel otak. Radikal bebas adalah kelompok atom dengan jumlah elektron yang ganjil dan terbentuk ketika oksigen berinteraksi dengan molekul tertentu.

Radikal bebas ini sangat tidak stabil dan akan membentuk reaksi berantai untuk menstabilkan diri, tetapi hal ini dapat menimbulkan kerusakan sel dalam tubuh seperti DNA dan membran sel. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kematian sel dan mengarah pada berkembangnya masalah kesehatan tertentu.

Yang Anda perlukan untuk berhenti merokok adalah mengatasi kerusakan tersebut terlebih dahulu, dengan diet antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang aman berinteraksi dengan radikal bebas dan menghentikan reaksi berantai sebelum merusak sel tubuh.

Mikronutrien seperti vitamin, selenium, beta-karoten, dan tembaga adalah beberapa nutrisi yang bersifat antioksidan. Oleh karena itu, antioksidan dapat menyembuhkan tubuh dari pengaruh buruk rokok. Antioksidan dapat membantu menstabilkan radikal bebas yang tidak stabil akibat paparan nikotin.

Para ilmuwan dari University of Rochester mencoba untuk mengetahui potensi antioksidan dalam memperbaiki stres oksidatif atau kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Peneliti menyatakan dengan memperbaiki kerusakan akibat nikotin, tubuh akan lebih fit dan dapat melawan efek kecanduan nikotin.

Seperti dikutip dari medindia, Kamis (22/11/2012), untuk mendapatkan manfaat tersebut, cobalah mengubah diet Anda dan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan berikut:

1. Kacang
Kacang merah atau kacang hitam merupakan sumber makanan yang kaya antioksidan karena mengandung 8 jenis flavonoid. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk makan makanan sehat ini setidaknya sekali seminggu.

2. Blueberi
Blueberi merupakan salah satu sumber terkaya antioksidan dan sangat baik untuk kulit dan tubuh. Makanlah buah blueberi untuk mengusir efek berbahaya dari rokok.

3. Brokoli
Brokoli dilengkapi dengan nutrisi seperti folates, vitamin C, vitamin A, serat dan fitokimia yang bersifat antioksidan.

4. Tomat
Tomat kaya akan lycopene yang bersifat antioksidan. Kadar lycopene dalam tomat bahkan dapat meningkat hingga empat kali ketika dipanggang atau dipanaskan.

5. Cokelat hitam
Cokelat hitam adalah salah satu sumber terbaik flavonoid, antioksidan yang baik untuk jantung dan tubuh.

Ditulis Oleh : Unknown

Artikel 5 Makanan Antioksidan Ini Bisa Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok ini ditulis oleh Unknown pada hari Kamis, 22 November 2012 . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang 5 Makanan Antioksidan Ini Bisa Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

::! ::

1 komentar :

 
Flag Counter
Add URL Pro - Search Engine Submission and Optimization Services

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.