Kumpulan Artikel Menarik , Tips Bermanfaat Serta Bacaan Yang Menghibur

ENTRI POPULER

Home » » Tips Mengatasi HP yang Terendam Air

Tips Mengatasi HP yang Terendam Air

Share on :

Setiap perangkat elektronika sangat rentan terhadap air.. karena setiap alat dan perangkat elektronika mempunyai komponen yang terdapat arus tegangan.
Hal yang sering dilakukan oleh teknisi pada saat mendapat kasus ponsel terendam air maka ponsel tersebut dibersihkan dengan tiner atau cairan IPA. Setelah dibersihkan baru ponsel tersebut dikeringkan dengan menggunakan solder uap. Itu dilakukan karena dikhawatirkan masih tersisanya air pada komponen. Jika ponsel masih terdapat air dan langsung dinyalakan maka ponsel akan rusak yang berakibat korslet atau Short.
Bila terjadi short berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan komponen dan kerusakan data pada IC Flash. Bila data pada ponsel telah rusak maka harus di flasher ulang dan jika tetap tidak bisa maka kita harus mengganti IC tersebut. Dan biasanya apabila ponsel terlalu lama terendam air maka akan sangat beresiko kerusakan komponen power, karena komponen tersebut rentan terhadap short.
Berikut tips langkah awal bila ponsel terendam air :
 
1 . Segera buka battery pada ponsel

2 .Jangan sekai kali menghidupkan ponsel setelah terendam air dan baterai langsung di lepas dan jangan di    pasang saebelum ponsel bebas dari air.

3. Lepaskan casing dan back casing, bersihkan dan keringkan dengan hairdryer atau dengan kipas angin selama 3-4 jam. Kondisi PCB ponsel harus benar-benar kering total.

4 .Setelah kering pasang kembali casing dan back casing dan jangan lupa memperhatikan connector battery, Mic, Speaker, SIM Card dll. Hal ini untuk memastikan bahwa connector sudah terkoneksi dengan baik dan perhatikan connector jangan ada yang terlalu rendah atau terlalu tertekan salah satu kaki connectornya karena dapat mengakibatkan ponsel mati total atau ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik…
 
Selamat mencba.......................................

Ditulis Oleh : Punky Styo

Artikel Tips Mengatasi HP yang Terendam Air ini ditulis oleh Punky Styo pada hari Sabtu, 27 Oktober 2012 . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tips Mengatasi HP yang Terendam Air dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

::! ::

1 komentar :

 

Total Tayangan Halaman

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.