Kumpulan Artikel Menarik , Tips Bermanfaat Serta Bacaan Yang Menghibur

ENTRI POPULER

Home » » Tips Meningkatkan Kejeniusan Anda

Tips Meningkatkan Kejeniusan Anda

Share on :

 10 Cara Meningkatkan Kejeniusan Anda

10 Cara Meningkatkan Kejeniusan Anda
Di saat Anda menghadapi masalah berat di kantor, rumah, atau di kehidupan sosial dan tidak menemukan jalan keluar, terkadang Anda ingin menciptakan suatu ide kreatif. Apa yang dapat Anda lakukan? Berikut adalah 10 cara praktis untuk meningkatkan daya kreasi anda dan menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.



1.Tanyakan mengapa?
Tanyakan kepada diri sendiri “mengapa masalah tersebut muncul” dalam kehidupan Anda. Cari 6 alasan dan untuk setiap alasannya, tanyakan “mengapa ini bisa terjadi”? Teruslah bertanya pada diri Anda sendiri. Hal ini membantu kita untuk lebih mengerti berbagai alasan mengapa hal tersebut bisa menjadi masalah dan dengan demikian Anda akan dapat menemukan berbagai jalan keluar.

2.Tidur saja
Renungkan masalah yang Anda hadapi dengan segala aspeknya untuk beberapa waktu kemudian singkirkan semuanya dari pikiran Anda. Tidurlah yang nyenyak. Alam bawah sadar terus bekerja dan seringkali Anda akan bangun di keesokan harinya dengan ide yang hebat.

3.Bicarakan dengan seseorang yang tidak berkaitan sama sekali dengan situasi tersebut
Biasanya mereka akan menanyakan pertanyaan mendasar atau memberikan saran yang terdengar bodoh namun mengarah kepada ide bagus. Bagaimanapun juga dua kepala lebih baik daripada satu, tetapi orang yang terlalu berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi seringkali muncul dengan ide yang sama dengan Anda, jadi cobalah untuk membicarakannya dengan pihak luar.

4.Tanyakan diri Anda bagaimana selebriti akan menghadapi masalah semacam ini
Apa yang akan dilakukan Madonna atau Margaret Thatcher atau Sherlock Holmes? Temukan pendekatan individual mereka dalam memecahkan masalah dan hal ini mungkin dapat memberikan Anda jalan keluar yang cukup radikal.

5.Ambil suatu benda ( apapun ) dan katakana kepada diri Anda, “Barang ini mengandung kunci jalan keluar terhadap permasalahan yang saya hadapi “
Kemudian paksakan untuk menemukan beberapa ide. Coba lakukan hal ini terus menerus dengan beberapa benda yang berbeda dan Anda akan memiliki pilihan ide radikal dan inovatif.

6.Gunakan kiasan
Coba untuk memikirkan masalah lain dalam hidup yang mirip dengan masalah yang Anda hadapi sekarang. Seperti contoh: Anda ingin staff Anda bekerja dengan menggunakan cara yang baru. Sehubungan dengan itu Anda bisa membayangkan hal ini seperti memaksa anak Anda untuk memakan sayuran. Pikirkan cara – cara yang dapat dilakukan untuk membujuk anak untuk memakan sayuran. Kemudian dari cara – cara tersebut, lihatlah apa ada yang dapat menjadi jalan keluar untuk permasalahan Anda di kantor.
7.Bayangkan solusi ideal di dunia ini dimana tidak ada batasan sama sekaliSebagai contoh Anda dapat menggunakan cara apapun yang diinginkan. Sekarang tantang kondisi ideal itu dengan menghadapi segala masalah yang dapat merintangi Anda dalam mencapai tujuan. Banyak permasalahan dapat diatasi dengan pendekatan semacam ini.

8.Buka kamus dan pilih kata benda apapun secara acak
Kemudian tuliskan 6 atribut dari benda itu – contoh: untuk kata: pohon, atributnya adalah akar, ranting, jenis, apel, batang pohon dan tinggi. Kemudian paksakan untuk menciptakan hubungan antar benda tersebut atau atributnya dan masalah yang Anda hadapi untuk menciptakan suatu ide segar. Hal ini sudah terbukti berhasil – bagi individu maupun kelompok.

9.Renungkan masalah yang dihadapi sambil berjalan di galeri senig atau museum.
Stimuli external akan dapat merangsang otak menciptakan ide baru.

10.Gambarkan situasi permasalahan dalam bentuk karton yang menggambarkan orang – orang yang terlibat serta masalah – masalahnya.
Gantungkan di dinding dan bayangkan bagaimana ceritanya akan berkembang. Bayangkan semuanya seperti potongan cerita kartun. Kebanyakan otak manusia bekerja dengan lebih baik dengan gambar dibandingkan dengan kata – kata atau angka. Jadi cara ini dapat membawa kita kepada suatu ide yang fantastis.
Cara – cara ini terbukti berhasil pada individu ataupun grup. Coba dan lihatlah apa yang paling sesuai untuk Anda. Selain daripada itu, terus ingatkan kepada diri sendiri – banyak solusi hebat untuk permasalahan saya – memang belum saya temukan solusinya tapi pasti akan saya temukan!!



Ditulis Oleh : Unknown

Artikel Tips Meningkatkan Kejeniusan Anda ini ditulis oleh Unknown pada hari Jumat, 19 Oktober 2012 . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tips Meningkatkan Kejeniusan Anda dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

::! ::

1 komentar :

 
Flag Counter
Add URL Pro - Search Engine Submission and Optimization Services

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.