Kumpulan Artikel Menarik , Tips Bermanfaat Serta Bacaan Yang Menghibur

ENTRI POPULER

Home » , » Akibat Anak Kecil Sering Di Marahi

Akibat Anak Kecil Sering Di Marahi

Share on :

Namanya juga anak kecil, terkadang mereka melakukan sesuatu seenaknya sendiri sehingga membuat orang tua jengkel. Tapi jika anak melakukan kesalahan, jangan sedikit-sedikit memarahinya.

"Kalau sering memarahi anak di usia tumbuh kembang maka dampaknya bisa dua. Pertama bisa bikin anak pasif karena anak akan memilih lebih baik diam daripada dimarahi. Kedua bisa bikin anak malah melawan," jelas play terapist, Dra Mayke S Tedjasaputra Msi, usai gebyar posyandu tumbuh aktif tanggap (TAT) di Gedung Basket, Gelora Bung Karno, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta, dan ditulis pada Minggu (17/3/2013).

Menurut Mayke ketimbang marah, orang tua seharusnya bertindak tegas dengan mengatakan satu kalimat keras saat anak menunjukkan perilaku yang tidak sopan. Misalnya: "Stop!" atau "Bahaya! Nanti kamu jatuh,".

"Bukan marah, tapi teguran yang membuat anak berhenti melakukan perbuatan yang berbahaya. Kalau orang tua selalu lemah lembut terus nanti anak jadi lembek," sambung perempuan yang juga dosen psikologi UI ini.

Dia juga tidak menganjurkan orang tua menghujani anaknya dengan kata-kata manis bertaburan cinta. Sebab menurutnya lebih baik anak diajari bagaimana mencintai melalui perbuatan dan bukan melalui kata-kata manis.

"Yang biasa saja saat berkomunikasi dengan anak. Tidak perlu yang sedikit-sedikit bilang 'wah pinter ya ganteng mama'. Berikan pujian selayaknya, tidak perlu berlebihan," tambah Mayke.

Ditulis Oleh : Unknown

Artikel Akibat Anak Kecil Sering Di Marahi ini ditulis oleh Unknown pada hari Minggu, 17 Maret 2013 . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Akibat Anak Kecil Sering Di Marahi dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

::! ::

9 komentar :

 
Flag Counter
Add URL Pro - Search Engine Submission and Optimization Services

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.