Kumpulan Artikel Menarik , Tips Bermanfaat Serta Bacaan Yang Menghibur

ENTRI POPULER

Home » » CINTA KASIH

CINTA KASIH

Share on :

A. Pengertian Cinta Kasih


Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
Dalam pendapat lain Cinta ialah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. 
Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  • Perasaan terhadap keluarga
  • Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
  • Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  • Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta 
  • Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  • Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme.

Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
  1. Perasaan
  2. Pengenalan
  3. Tanggung jawab
  4. Perhatian
  5. Saling menghormati
Erich Fromm dalam buku larisnya (the art of loving) menyatakan bahwa ke empat gejala: Care, Responsibility, Respect, Knowledge (CRRK), muncul semua secara seimbang dalam pribadi yang mencintai.


B.Cinta antar pribadi

 
Cinta antar pribadi menunjuk kepada cinta antara manusia. Bentuk ini lebih dari sekedar rasa kesukaan terhadap orang lain. Cinta antar pribadi bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orangtua dengan anak, dan juga persahabatan yang sangat erat. Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi:
  • Kasih sayang,menghargai orang lain.
  • Altruisme,perhatian non-egois kepada orang lain (yang tentunya sangat jarang kita temui sekarang ini).
  • Reciprocation,cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
  • Komitmen,keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
  • Keintiman emosional,berbagi emosi dan rasa.
  • Kekerabatan,ikatan keluarga.
  • Passion,Hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
  • Physical intimacy,berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
  • Kepentingan pribadi,cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
  • Pelayanan,keinginan untuk membantu dan atau melayani.
  • Homoseks,Cinta dan atau hasrat seksual pada orang yang berjenis kelamin sama, khususnya bagi pria. Bagi wanita biasa disebut Lesbian (lesbi).


Energi seksual dapat menjadi unsur paling penting dalam menentukan bentuk hubungan. Namun atraksi seksual sering menimbulkan sebuah ikatan baru, keinginan seksual dianggap tidak baik atau tidak sepantasnya dalam beberapa ikatan cinta. Dalam banyak agama dan sistem etik hal ini dianggap salah bila memiliki keinginan seksual kepada keluarga dekat, anak, atau diluar hubungan berkomitmen. Tetapi banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa seks. Afeksi, keintiman emosi dan hobi yang sama sangat biasa dalam berteman dan saudara di seluruh manusia.

C. Pendapat dan komentar saya mengenai cinta kasih 


Setiap insan manusia pasti mempunyai suatu rasa yang disebut dengan cinta dan kasih sayang, Contohnya cinta kepada kedua orang tua, cinta kepada kerabat, dan cinta kepada setiap orang yag ada disekitar kita. Manusia adalah insan yang paling mulia dan diciptakan paling sempurna di bandingkan dengan mahluk lain.
Hubungan antara mahluk menjadi salah satu unsur yang mencerminkan kehidupan di dunia ini. dalam bentuk lain hubungan yang erat antar manusia akan mencerminkan bentuk solidaritas yang tinggi, baik itu dalam masyarakat maupun pada kehidupannya sendiri.
Cinta dan kasih bersifat umum, dalam arti umum yaitu bersifat menyeluruh tanpa salig membeda-bedakan satu sama yang lainnya di dalam kehidupan ini.
Istilah cinta amat popular dan menjadi satu ungkapan setia di bibir-bibir remaja yang menganggapnya satu kalimah suci dan berarti, mereka hanya tahu cinta kasih itu apa,,?? Akan tetapi tidak tahu apa makna dari Cinta Kasih. Cinta kasih bukan dilihat dari segi antar kepribadian, kita harus memberikan cinta kasih itu kepada setiap orang yang mungkin membutuhkan kasih sayang kita, sebagai contoh kita harus menyayangi dan mengasihi seorang yang mungkin kurang mampu dan seseorang yang mungkin membutuhkan pertolongan dari kita. 
Cinta kasih yang bebas antar pribadi cenderung hanya dipakai untuk kepuasan sesat saja bagi seseorang  yang tidak tahu efek dari kebebasan tersebut. Banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang mengalami korban cinta kasih yang tak tahu arah dan tujuan, sebagian besar yang mengalaminya yaitu wanita yang menjadi objek utamanya. Memang kita sebagai seorang manusia perlu cinta dan kasih sayang terhadap sesama, terutama kita berharap untuk mencintai seseorang yang menurut kita orang itu pantas menjadi pasangan kita sampai akhir hayat nanti. cinta kasih bukanlah untuk dipermainkan, akan tetapi untuk di ketahui dan untuk mengenal apa itu kesetiaan dalam cinta kasih.

Padahal dalam konsep Islam itu di ajarkan cara-cara cinta berlandaskan Aqidah dan selalu ingat pada allah ialah cinta yang benar-benar suci dan ikhlas, tidak ada dalam Islam Istilah "Pacaran", Islam hanya mengenal "Ta'aruf", yaitu hanya sekedar mengenal saja, bukan berarti untuk berlebih-lebihan. Perkenalan adalah fondasi awal terbangunnya sebuah hubungan cinta. Maka, tidak salah bila ada ungkapan; “Tak kenal, maka tak sayang. Tak sayang, maka tak cinta..”
Sayang yang terjalin terhadap seorang wanita tidak sewenang-wenangnya menyentuh tangan wanita atau memegang erat tubuhnya, apalagi mencium keningnya. Wanita bukannya objek yang boleh diperalatkan. cintailah allah dahulu sebelum kita mencintai manusia, kerana mencintai allah itu lebih bahagia dan kekal abadi untuk di dunia dan di akhirat kelak nanti.



Ditulis Oleh : Punky Styo

Artikel CINTA KASIH ini ditulis oleh Punky Styo pada hari Rabu, 23 Januari 2013 . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang CINTA KASIH dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

::! ::

1 komentar :

  1. artikel yang sangat bagus tentang cinta :) kayanya agan tau banget ya tentang cinta hehee

    BalasHapus

 

Total Tayangan Halaman

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.