Kumpulan Artikel Menarik , Tips Bermanfaat Serta Bacaan Yang Menghibur

ENTRI POPULER

Home » , » Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol

Share on :

Bagi anda yang punya kolesterol pasti merasa kesulitan untuk menyantap segala makanan, seperti daging kambing. Makanan ini dikenal lezat, tapi kandungan kolesterolnya membuat para penderita kolesterol berpikir dua kali untuk menyantapnya. Tingkat kolesterol dalam darah memang berpengaruh dari makanan yang dikonsumsi, dan bagaimana tubuh mengolahnya.

Selain dengan obat, perlu juga melakukan diet kolesterol dalam menu makanan. Berikut ini beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah :

1. Alpukat

Alpukat memiliki kadar lemak tinggi. Tapi, ini adalah jenis lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi alpukat, maka yang ditingkatkan adalah kadar HDL, yang mana akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Ikan

Ikan yang mengandung omega 3 sangat baik untuk dikonsumsi. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, juga dapat menjaga pembuluh darah dan mencegah terjadinya penggumpalan pembuluh darah.

3. Apel

Sebuah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Artinya, konsumsi sebuah apel sehari dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

4. Tomat

Para ilmuwan mengatakan, tomat masak memiliki khasiat yang sama dengan statin, obat kimia yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Mengasup dua ons pasta tomat atau setengah liter jus tomat sehari berfungsi sebagai pengontrol kolesterol pasien.

5. Gandum

Kandungan betaglucan dan serat yang sangat tinggi pada gandum terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal yang merupakan jenis gandum berserat tinggi bisa menjadi pilihan. Oatmeal sangat dikenal bagi para penderita kolesterol, karena kemampuannya untuk menjaga kadar kolesterol yang sudah terbukti.

6. Semangka

Menurut WHO Food, semangka tak hanya sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang baik, tapi juga mengandung zat antioksidan serta likopen. Berperan menetralisasi radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah

7. Teh hijau

Minum secangkir teh hijau atau minum kapsul teh hijau secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of American Dietetic Association, menunjukkan bahwa teh hijau memangkas 5-6 poin ‘kolesterol buruk’ LDL daripada obat-obatan kolesterol lainnya.

8. Minyak zaitun

FDA menganjurkan untuk mengganti konsumsi minyak sayur harian dengan minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Sebanyak 80% kandungan lemak minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam menambah tingkat HDL yang dikenal dengan kolesterol baik dan mengurangi LDL atau kolesterol jahat.


Ditulis Oleh : Punky Styo

Artikel Makanan Penurun Kolesterol ini ditulis oleh Punky Styo pada hari Minggu, 06 Januari 2013 . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Makanan Penurun Kolesterol dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

::! ::

3 komentar :

 

Total Tayangan Halaman

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.